Senin, 17 Desember 2012

Islam itu No Poligami loh!!


Assalamua'alaikum wr wb.
Sebelumnya mohon maaf apabila postingan smile kali ini sedikit bertentangan, apalagi bagi kaum bani adam (red) ... langsung geram, banting leptop ~_^! isap kelingking... *loh?

Dulu... dulu sekali, smile pernah ditanya oleh ikhwan... simak ya percakapannya;

Ikhwan  : ukh' poligami itu haram atau halal?
ane         : halal, kenapa?
Ikhwan  : antum, mau di poligami kagak?
ane         : La (tidak), tapi jika ane ndk bisa menunaikan kewajiban ane sbgai istri... insyaAllah
                 ikhlas (*dalem hati iya apa bisa ikhlas ^^)... tapi tentu poligami ada persyaratan2 khusus.
Ikhwan  : Bagus ^_^, 
dan bla bla bla ..........

TAPI.. eh tapi, sekarang seiring waktu berjalan.. ane mendapat sebuah ilmu yang sangat bermafaat, ilmu dari sebuah kitab bersejarah, berjalan mengiringi setiap perubahan zaman, dan akan mengubah jawaban ane tentang poligami.. ya kitab itu adalah Al-Quran...  simak ya, sedikit pemahaman Quran.

Islam itu no Poligami loh, ya poligami (banyak istri... 1, 2, 3, or 4) bearti satu dunk smile.. iya monogami.
pertama mari kita buka QS. An-Nisa: 3
“Dan jika kalian khawatir tidak akan dapat berlaku adil terhadap hak-hak perempuan yatim (bilamana kalian menikahinya), maka nikahilah wanita-wanita lain yang kalian senangi: dua, tiga, atau empat. Kemudian jika kalian khawatir tidak dapat berlaku adil maka nikahilah seorang wanita saja atau budak-budak perempuan yang kalian miliki. Yang demikian itu lebih dekat untuk kalian tidak berlaku aniaya.” (An-Nisa`: 3)

Dalam ayat tersebut Allah menyarankan boleh menikahiperempuan 1 s-d 4.. dan itu JIKA kalian bisa berlaku adil, lalu kebalikannya JIKA khawatir tidak dapat berlaku adil maka nikahilah SATU saja. 
Kebanyakan ulama dan sebagian besar orang menghukumkan poligami itu boleh dari ayat An-Nisa ayat 3 inilah, mereka langsung mengutip dan mendera kaum hawa dengan satu dalil ini saja, padahal dalam memahami ayat Al-Quran kita seharusnya menyambungkan dengan ayat2 yang lain.. dan memahami al-Quran tersebut dengan AKAL.

Karena Allah pun masih memberikan jawabanya pada ayat berikutnya tentang bisakah manusia berlaku adil?? buka An-Nisa: 129
Dan kamu sekali-kali tidak akan dapat berlaku adil di antara isteri-isteri(mu), walaupun kamu sangat ingin berbuat demikian, karena itu janganlah kamu terlalu cenderung (kepada yang kamu cintai), sehingga kamu biarkan yang lain terkatung-katung. Dan jika kamu mengadakan perbaikan dan memelihara diri (dari kecurangan), maka sesungguhnya Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang. (An-Nisa: 129)

Bisakah manusia itu berlaku adil terhadap istri2 nya? JIKA bisa.. silakan beristri sampai 4, JIKA tidak satu saja.. dan jawaban Allah itu adalah Manusia itu sekali-kali tidak akan dapat berlaku adil.
kalimat JIKA pada An-Nisa: 3, dijawab Allah dengan pasti bahwa manusia itu tidak akan dapat berlaku adil. Nahhhhh loh... satu aja kan. ^^

Lalu.. mau lihat jawaban Allah yang paling Waaahhhh kagak tentang poligami, yang membuat para bani adam semakin gerammmmm, kecuali yang berfikir dan beriman kuat.
next buka Al-Ahzab: 50
"Hai Nabi, sesungguhnya Kami telah menghalalkan bagimu isteri- isterimu yang telah kamu berikan mas kawinnya dan hamba sahaya yang kamu miliki yang termasuk apa yang kamu peroleh dalam peperangan yang dikaruniakan Allah untukmu, dan (demikian pula) anak-anak perempuan dari saudara laki-laki bapakmu, anak-anak perempuan dari saudara perempuan bapakmu, anak-anak perempuan dari saudara laki-laki ibumu dan anak-anak perempuan dari saudara perempuan ibumu yang turut hijrah bersama kamu dan perempuan mukmin yang menyerahkan dirinya kepada Nabi kalau Nabi mau mengawininya, sebagai pengkhususan bagimu, bukan untuk semua orang mukmin. Sesungguhnya Kami telah mengetahui apa yang Kami wajibkan kepada mereka tentang isteri-isteri mereka dan hamba sahaya yang mereka miliki supaya tidak menjadi kesempitan bagimu. Dan adalah Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang." (Al-Ahzab; 50)

lihat kalimat, merah cetak tebal ada garis bawah "PENGKHUSUSAN" Ya Allah.
seorang Nabi dan Rasul itu menikahi perempuan2 lebih dari satu tentu bermaksud baik, untuk Allah (Islam), menolong perempuan ybs.. dan itu pun kalau nabi mau mengawininya.. dan ingat disinilah jawaban Allah tentang Poligami itu ternyata hanya untuk nabi sebagai pengkhususan untuknya dan bukan untuk semua orang mukmin bearti yang bukan nabi: No Poligami!! ^^

kita baca lagi yuk... bahwa manuisa selain nabi itu tidak boleh poligami, sebagai refresing kita An-Nisa: 20
"Dan jika kamu ingin mengganti isterimu dengan isteri yang lain , sedang kamu telah memberikan kepada seseorang di antara mereka harta yang banyak, maka janganlah kamu mengambil kembali dari padanya barang sedikitpun. Apakah kamu akan mengambilnya kembali dengan jalan tuduhan yang dusta dan dengan (menanggung) dosa yang nyata?" (An-Nisa:20)

Mengganti = menceraikan istri yang tidak disenangi dan menikah lagi dengan istri yang baru.
Sekarang jelas kan, tidak ada poligami bagi manusia kecuali nabi.. jika ingin menikah lagi sedang kita masih terikat pernikahan.. maka ceraikan istri yang tidak disenangi itu, baru bisa menikah lagi.. BUKAN MEMADUnya (POLIGAMI)
 Islam itu no poligami, semoga tulisan ini dibaca oleh bani Adam dan mereka tidak geram membacanya ^^Hy. barokallah. Wallahu'alam.


Sebagai catatan kecil: Jika anda mencinta seseorang krn Allah (pernikahan) maka cintailah ia baik kelebihan dan kekurangannya.. terimahlah ia apadanya, hiduplah bersamanya walau  hidup dengan nya begitu sulit dan terjal. yakinlah krn Cinta kalian akan berbuah surga. Hy.

1 komentar:

Unknown mengatakan...

hihi... iya juga ya... ane baru sadar..
bermanfaat sekali. izin share

Posting Komentar