Sabtu, 12 Mei 2012

Pengertian Berita, kelebihan dan kelemahan media massa (cetak, elektronik, virtual, luar ruangan)



      A.  Pengertian Berita

Berita berasal dari bahsa sansekerta "Vrit" yang dalam bahasa Inggris disebut "Write" yang arti sebenarnya adalah "Ada" atau "Terjadi".Ada juga yang menyebut dengan "Vritta" artinya "kejadian" atau "Yang Telah Terjadi".Menurut kamus besar,berita berarti laporan mengenai kejadian atau peristiwa yang hangat.
Berita adalah laporan tercepat mengenai fakta atau ide terbaru yang benar, menarik dan atau penting bagi sebagian besar khalayak, melalui media berkala seperti surat kabar, radio, televisi, atau media on-line internet.

Pengertian Berita Menurut Para Ahli
1.         J.B Wahyudi (penulis buku komunikasi jurnalistik)
Berita adalah sebuah uraian tentang fakta dan atau pendapat yang mengandung nilai berita dan yang sudah disajikan melalui media massa periodic.
2.         Mochtar Lubis (sastrawan, budayawan, dan wartawan Indonesia)
Berita adalah apa saja yang ingin diketahui banyak orang dan membacanya.
3.         Menurut Dja’far H Assegaf
Berita adalah laporan tentang fakta atau ide yang termasa (baru), yang dipilih oleh staff redaksi suatu harian untuk disiarkan, yang dapat menarik perhatian pembaca. Entah karena luar biasa, entah karena pentingnya, atau akibatnya, entah pula karena ia mencakup segi-segi human interest seperti humor, emosi dan ketegangan.
4.         Neil McNeil (pembantu utama redaktur malam New York Times)
Berita adalah gabungan fakta dan peristiwa-peristiwa yang menimbulkan perhatian atau kepentingan bagi para pembaca surat kabar yang memuatnya.
5.         Charles A. Dana ( editor New York Sun)
Berita adalah laporan setiap saat atau sesuatu yang menarik bagi pembacanya dan berita terbaik dinilai kemenarikannya bagi para pembaca.
6.         William S Maulsby
Berita adalah suatu penuturan secara benar dan tidak memihak dari fakta yang mempunyai arti penting dan baru terjadi, yang dapat menarik perhatian pembaca surat kabar yang memuat berita tersebut.
7.         Eric C. Hepwood
Berita adalah laporan pertama dari kejadian yang penting yang dapat menarik perhatian umum
B.      Kelebihan dan Kekurangan Media Massa
Kelebihan Media Cetak
1.         Biasanya relatif tidak mahal.
2.         Fleksibel (lebih luwes dalam menentukan jadwal publikasi iklan dan surat kabar yang mempublikasikan (apakah lokal, regional ataukah nasional) berkaitan dengan khalayak yang dijadikan sasaran iklan).
3.         Dapat dinikmati lebih lama.
4.         Market coverage yakni surat kabar mampu menjangkau daerah-daerah perkotaan sesuai cakupan wilayahnya.
5.         Comparison shooping yakni surat kabar sering digunakan sebagai bahan acuan atau referensi konsumen dalam membeli barang atau jasa.
6.         Positive consumer attitude yakni aktualitas informasi yang sampaikan digunakan juga sebagai acuan pembaca.
7.         Repeatable, dapat dibaca berkali-kali dengan cara menyimpannya.
8.         Harganya lebih terjangkau maupun dalam distribusinya.
9.         Lebih mampu menjelaskan hal-hal yang bersifat kompleks atau rigid.
10.     Analisa lebih tajam, dapat membuat orang benar-benar mengerti isi berita dengan analisa yang lebih mendalam dan dapat membuat orang berfikir lebih spesifik tentang isi tulisan.

Kekurangan Media Cetak
1.         Dari segi waktu media cetak lambat dalam memberikan informasi. Karena media cetak tidak dapat menyebarkan langsung berita yang terjadi pada masyarakat dan harus menunggu turun cetak.
2.         Media cetak hanya dapat berupa tulisan dan media cetak hanya dapat memberikan visual berupa gambar yang mewakili keseluruhan isi berita.
3.         Biaya produksi yang cukup mahal karena media cetak harus mencetak dan mengirimkannya sebelum dapat dinikmati masyarakat.
4.         Jika sudah lewat hari mudah diabaikan dan cepat basi yakni Short life span ; meski jangkauannya luas dan massal serta dapat didokumentasikan, pembaca surat kabar hanya butuh waktu kurang lebih 15 menit hingga 30 menit untuk membacanya serta umumnya hanya sekali saja membacanya. Selain itu usia informasinya hanya 24 jam setelah itu sudah dianggap basi.
5.         Clutter yakni Jika isi dan tata letaknya kacau akan mempengaruhi pemaknaan dan pemahaman isi pesan iklan oleh pembacanya.
6.         Limited coverage of certains group yakni beberapa kelompok tertentu tidak bisa dijangkau oleh surat kabar, misal kelompok masyarakat menengah ke bawah atau masyarakat usia di bawah 15 tahun.
7.         Dan Jenis bahan yang digunakan biasanya mudah sobek, artinya gangguan mekanis tinggi, sehingga informasi yang diterima tidak lengkap.
8.         Media cetak sering kali hanya memuat berita yang telah disebarluaskan oleh media lainnya.

Kelebihan Media Elektronik
1.         Dari segi waktu, media elektronik tergolong cepat dalam menyebarkan berita kemasyarakat.
2.         Media elektronik mempunyai audio visual yang memudahkan para audiensnya untuk memahami berita
3.         Media elektronik menjangkau masyarakat secara luas.
4.         Dapat menyampaikan berita secara langsung dari tempat kejadian dan dapat menampilkan proses terjadinya suatu peristiwa.
5.         Memiliki daya penyampaian dan pengaruh yang kuat karena dapat memberikan kombinasi antara suara dengan gambar ( yang bergerak ).
6.         Tidak memerlukan keahlian dan kemampuan membacaseperti pada media cetak. Dengan gambar-gambar, semua orang sudah cukup mengerti maknanya.
7.         Dapat dinikmati oleh semau orang, baik itu yang mengalami keterbelakangan mental.
8.         Dalam media radio, daya tembus yang besar tidak mengenal rintangan. Radio yang menggunakan gelombang SW, MW, mempunyai kemampuan penetrasi area yang luas sehingga pesan yang disampaikan dapat mengatasi jarak, ruang dan waktu.
9.         Radio dapat diterima dan didengar di areal tanpa listrik atau tidak selalu membutuhkan daya listrik.
10.     Radio itu Praktis (portable dapat di bawa kemana-mana) dan audience selectivity.
11.     Mengatasi buta huruf artinya para pendengar radio tidak dituntut untuk bisa membaca.

Kekurangan Media Elektronik

1.         Tidak ada pengulangan, media elektronik tidak dapat mengulang apa yang sudah ditayangkan.
2.         Waktunya terbatas, Hanya dapat dinikmati sebentar (pesan berlalu sangat cepat).
3.         Khalayak yang selektif (tidak setajam media lainnya kemungkinan menjangkau segmen tidak tepat karena pemborosan geografis).
4.         Tidak semua tempat dapat dicapai gelombang penyiaran televise.
5.         Alternatif audiance dalam pemilihan stasiun lebih banyak ( persaingan yang ketat )
6.         Tidak semua orang memiliki pesawat televisi melihat harganya yang relatif mahal.
7.         Pada radio, pendengar sering kurang mendengarkan secara penuh karena diselingi melakukan pekerjaan lain, mengalami Noise Faktor (khusus gelombang MW dan SW)
8.         Di radio, sulit untuk menyampaikan pesan-pesan yang kompleks dan tidak dapat di gunakan untuk menyampaikan acara yang abstrak dan komples (rumit)

Kelebihan Media Virtual (online)
1.         Sangat cepat, dari segi waktu media online sangat cepat dalam menyampaikan beritanya.
2.         Praktis dan Fleksibel, media online dapat diakses dari mana saja dan kapan saja yang kita mau.
3.         Cepat dalam pengiriman informasi karena dapat dengan mudah di update dan dikirim sewaktu-waktu.
4.         Data atau berita disimpan dan bisa sewaktu-waktu dibuka kembali/arsip.
5.         Memiliki keunggulan dibanding media cetak, karena berita yang telah dibaca telah dapat dibaca ulang kembali, tidak seperti tv maupun radio yang bersifat continue dan terus mengalir.
6.         Dapat dibuka dan dibaca dimana saja selama ada koneksi internet (sebagai alat pendukung), hal ini sangat menguntungkan bagi orang-orang yang ingin mengetehui sebuah berita namun mereka berada ditempat yang jauh. Misalnya mereka yang berada di Indonesia dapat mengakses berita yang berada diluar negeri melalui akses internet.
7.         Media online akan terus berkembang dan tidak hanya terbatas pada pengguna computer karena saat ini media online dapat diakses melalu media handphone yang memiliki fasilitas internet.
8.         Media online merupakan whole package karena selain berupa teks, juga berupa animasi terutama pada iklan video, gambar dan audio.
9.         Para pengguna media online dapat saling berinteraksi satu dengan lainnya dengan cara memberikan komentar satu dengan yang lainnya.

Kekurangan Media Virtual (online)
1.         Tidak selalu tepat, karena mengutamakan kecepatan berita yang dimuat di media online biasanya tidak seakurat media lainnya.
2.         Untuk mengakses internet membutuhkan biaya yang besar.
3.         Kurang praktis untuk mengakses media online karena harus selalu terhubung dengan internet.
4.         Tidak semua masyarakat dapat mempergunakan teknologi internet (contoh: masyarakat bawah)
5.         Bila terlalu lama membaca media online dapat membuat mata menjadi lelah dan dapat mengalami gangguan mata.

Kelebihan Media luar Ruang (baliho, poster, spanduk etc)

1.         Dapat dengan mudah menarik perhatian orang jika dibuat dengan baik
2.         Berita yang dimuat biasanya lebih mudah dipahami, pembaca akan cepat mengetahui tujuan berita tersebut

Kekurangan Media Luar Ruang

1.         Memerlukan dana produksi yang lumayan tinggi dalam pembuatan.
2.         Pembaca bisa saja tidak membaca berita yang dimuat dikarenakan kesibukannya.
3.         Jika pembaca kurang mengetahui informasi berita yang dimuat, maka akan tidak ada tempat bertanya langsung.
4.         Jenis bahan jika tidak bagus akan mudah rusak terkena hujan ataupun panas.

3 komentar:

januar surya mengatakan...

mantap artikelnya gan.

www.kiostiket.com

Anonim mengatakan...

cantumkan sumbernya

Anonim mengatakan...

Rujukannya mana gan?

Poskan Komentar