Jumat, 14 Desember 2012

Adab Bertelepon Islami :)



Sesungguhnya Islam benar-benar menaruh perhatian yang sangat besar kepada manusia di dalam segala urusannya -agama dan dunianya- di saat lapang maupun kesulitan, bangun maupun tidur, di kala bepergian maupun menetap, saat makan maupun minum, waktu bahagia maupun sedih. Singkat kata, tidak ada satu hal pun, baik kecil maupun besar, melainkan telah dijelaskan oleh Islam.



Era Globalisasi yang ditandai dengan semakin berkembang pesatnya alat komunikasi, ini tentunya ada sesi positif dan negatif nya, untuk itu didalam pemakainya kita jangan sampai berlebihan sehingga membuat kita terjerumus dalam jurang kelalaian terhadap Allah SWT. Telepon /Hp misalnay,, dengan begitu smile membuat adab dalam berteleponan: fokus ya... ^^


1. Perhatikan dengan baik nomor telepon yang akan anda hubungi sebelum menelepon agar anda tidak salah sambung., dan jangan memakai private number.
2. Pilihlah waktu yang tepat untuk menelepon, jangan disaat kesibukan dan keperluan, istirahat mereka.
3. Jangan memperpanjang pembicaraan, karena bisa mengganggu. Orang yang sedang dihubungi.
4. Janganlah wanita mem

perindah, memperlembut suara dan lain sebagainya di saat berbicara (via telepon) dan jangan berbicara melantur dengan laki-laki. firman Allah Al-Ahzab: 32.
5. Mulailah pembicaraan dengan ucapan Assalamu`alaikum, karena anda adalah orang yang datang, juga menutup dengan salam.
6. Jangan memakai telepon orang lain kecuali seizin darinya. ^^
7. Jangan merekam pembicaraan lawan bicara kecuali seizin darinya.
8. Jika sampai tiga 3 kali anda miscall tidak diangkat, maka teleponlah dilain waktu.
9. Gunakan telepon seperlunya, sebagai nikmat dari Allah. Jangan menggunakannya untuk mencari-cari kejelekan, kesalahan dan mencemari kehormatan atau menyeret kaum wanita ke jurang kenistaan.
*Silakan sebarkan, semoga bermanfaat ^^ Hy.

0 komentar:

Posting Komentar