Berita berasal dari bahsa sansekerta
"Vrit" yang dalam bahasa Inggris disebut "Write" yang arti
sebenarnya adalah "Ada" atau "Terjadi".Ada juga yang
menyebut dengan "Vritta" artinya "kejadian" atau "Yang
Telah Terjadi".Menurut kamus besar,berita berarti laporan mengenai
kejadian atau peristiwa yang hangat.
Berita adalah laporan tercepat
mengenai fakta atau ide terbaru yang benar, menarik dan atau penting bagi
sebagian besar khalayak, melalui media berkala seperti surat kabar, radio,
televisi, atau media on-line internet.
Pengertian
Berita Menurut Para Ahli
1.
J.B Wahyudi (penulis buku komunikasi jurnalistik)
Berita adalah sebuah
uraian tentang fakta dan atau pendapat yang mengandung nilai berita dan yang sudah
disajikan melalui media massa periodic.
2.
Mochtar Lubis (sastrawan, budayawan, dan wartawan
Indonesia)
Berita adalah apa saja
yang ingin diketahui banyak orang dan membacanya.
3.
Menurut
Dja’far H Assegaf
Berita adalah laporan tentang fakta atau ide yang termasa
(baru), yang dipilih oleh staff redaksi suatu harian untuk disiarkan, yang
dapat menarik perhatian pembaca. Entah karena luar biasa, entah karena
pentingnya, atau akibatnya, entah pula karena ia mencakup segi-segi human
interest seperti humor, emosi dan ketegangan.
4.
Neil McNeil (pembantu utama redaktur malam New York
Times)
Berita adalah gabungan
fakta dan peristiwa-peristiwa yang menimbulkan perhatian atau kepentingan bagi
para pembaca surat kabar yang memuatnya.
5.
Charles A. Dana ( editor New York Sun)
Berita adalah laporan
setiap saat atau sesuatu yang menarik bagi pembacanya dan berita terbaik
dinilai kemenarikannya bagi para pembaca.
6.
William S
Maulsby
Berita adalah suatu penuturan secara benar dan tidak memihak
dari fakta yang mempunyai arti penting dan baru terjadi, yang dapat menarik
perhatian pembaca surat kabar yang memuat berita tersebut.
7.
Eric C.
Hepwood
Berita adalah laporan pertama dari
kejadian yang penting yang dapat menarik perhatian umum
B.
Kelebihan dan Kekurangan Media Massa
Kelebihan Media Cetak
1.
Biasanya relatif tidak mahal.
2.
Fleksibel (lebih luwes dalam menentukan jadwal
publikasi iklan dan surat kabar yang mempublikasikan (apakah lokal, regional
ataukah nasional) berkaitan dengan khalayak yang dijadikan sasaran iklan).
3.
Dapat dinikmati lebih lama.
4.
Market coverage yakni surat kabar mampu menjangkau
daerah-daerah perkotaan sesuai cakupan wilayahnya.
5.
Comparison shooping yakni surat kabar sering
digunakan sebagai bahan acuan atau referensi konsumen dalam membeli barang atau
jasa.
6.
Positive consumer attitude yakni aktualitas
informasi yang sampaikan digunakan juga sebagai acuan pembaca.
7.
Repeatable, dapat dibaca berkali-kali dengan cara
menyimpannya.
8.
Harganya lebih terjangkau maupun dalam
distribusinya.
9.
Lebih mampu menjelaskan hal-hal yang bersifat
kompleks atau rigid.
10.
Analisa
lebih tajam, dapat membuat orang benar-benar mengerti isi berita dengan analisa
yang lebih mendalam dan dapat membuat orang berfikir lebih spesifik tentang isi
tulisan.
Kekurangan Media
Cetak
1.
Dari segi waktu media cetak lambat dalam memberikan
informasi. Karena media cetak tidak dapat menyebarkan langsung berita yang
terjadi pada masyarakat dan harus menunggu turun cetak.
2.
Media cetak hanya dapat berupa tulisan dan media
cetak hanya dapat memberikan visual berupa gambar yang mewakili keseluruhan isi
berita.
3.
Biaya produksi yang cukup mahal karena media cetak
harus mencetak dan mengirimkannya sebelum dapat dinikmati masyarakat.
4.
Jika sudah lewat hari mudah diabaikan dan cepat basi
yakni Short life span ; meski jangkauannya luas dan massal serta dapat
didokumentasikan, pembaca surat kabar hanya butuh waktu kurang lebih 15 menit
hingga 30 menit untuk membacanya serta umumnya hanya sekali saja membacanya.
Selain itu usia informasinya hanya 24 jam setelah itu sudah dianggap basi.
5.
Clutter yakni Jika isi dan tata letaknya kacau akan
mempengaruhi pemaknaan dan pemahaman isi pesan iklan oleh pembacanya.
6.
Limited coverage of certains group yakni beberapa
kelompok tertentu tidak bisa dijangkau oleh surat kabar, misal kelompok
masyarakat menengah ke bawah atau masyarakat usia di bawah 15 tahun.
7.
Dan Jenis bahan yang digunakan biasanya mudah sobek,
artinya gangguan mekanis tinggi, sehingga informasi yang diterima tidak
lengkap.
8.
Media
cetak sering kali hanya memuat berita yang telah disebarluaskan oleh media
lainnya.
Kelebihan Media Elektronik
1.
Dari segi waktu, media elektronik tergolong cepat
dalam menyebarkan berita kemasyarakat.
2.
Media elektronik mempunyai audio visual yang
memudahkan para audiensnya untuk memahami berita
3.
Media elektronik menjangkau masyarakat secara luas.
4.
Dapat menyampaikan berita secara langsung dari
tempat kejadian dan dapat menampilkan proses terjadinya suatu peristiwa.
5.
Memiliki daya penyampaian dan pengaruh yang kuat
karena dapat memberikan kombinasi antara suara dengan gambar ( yang bergerak ).
6.
Tidak memerlukan keahlian dan kemampuan
membacaseperti pada media cetak. Dengan gambar-gambar, semua orang sudah cukup
mengerti maknanya.
7.
Dapat dinikmati oleh semau orang, baik itu yang
mengalami keterbelakangan mental.
8.
Dalam media radio, daya tembus yang besar tidak
mengenal rintangan. Radio yang menggunakan gelombang SW, MW, mempunyai
kemampuan penetrasi area yang luas sehingga pesan yang disampaikan dapat
mengatasi jarak, ruang dan waktu.
9.
Radio dapat diterima dan didengar di areal tanpa
listrik atau tidak selalu membutuhkan daya listrik.
10.
Radio itu Praktis (portable dapat di bawa
kemana-mana) dan audience selectivity.
11.
Mengatasi buta huruf artinya para pendengar radio
tidak dituntut untuk bisa membaca.
Kekurangan
Media Elektronik
1.
Tidak ada
pengulangan, media elektronik tidak dapat mengulang apa yang sudah ditayangkan.
2.
Waktunya terbatas, Hanya dapat
dinikmati sebentar (pesan berlalu sangat cepat).
3.
Khalayak yang selektif (tidak setajam media lainnya
kemungkinan menjangkau segmen tidak tepat karena pemborosan geografis).
4.
Tidak semua tempat dapat dicapai gelombang penyiaran
televise.
5.
Alternatif audiance dalam pemilihan stasiun lebih
banyak ( persaingan yang ketat )
6.
Tidak semua orang memiliki pesawat televisi melihat
harganya yang relatif mahal.
7.
Pada radio, pendengar sering kurang mendengarkan
secara penuh karena diselingi melakukan pekerjaan lain, mengalami Noise Faktor
(khusus gelombang MW dan SW)
8.
Di radio, sulit untuk menyampaikan pesan-pesan yang
kompleks dan tidak dapat di gunakan untuk menyampaikan acara yang abstrak dan
komples (rumit)
Kelebihan
Media Virtual (online)
1.
Sangat
cepat, dari segi waktu media online sangat cepat dalam menyampaikan beritanya.
2.
Praktis
dan Fleksibel, media online dapat diakses dari mana saja dan kapan saja yang
kita mau.
3.
Cepat
dalam pengiriman informasi karena dapat dengan mudah di update dan dikirim
sewaktu-waktu.
4.
Data atau
berita disimpan dan bisa sewaktu-waktu dibuka kembali/arsip.
5.
Memiliki
keunggulan dibanding media cetak, karena berita yang telah dibaca telah dapat
dibaca ulang kembali, tidak seperti tv maupun radio yang bersifat continue dan
terus mengalir.
6.
Dapat
dibuka dan dibaca dimana saja selama ada koneksi internet (sebagai alat
pendukung), hal ini sangat menguntungkan bagi orang-orang yang ingin mengetehui
sebuah berita namun mereka berada ditempat yang jauh. Misalnya mereka yang
berada di Indonesia dapat mengakses berita yang berada diluar negeri melalui
akses internet.
7.
Media
online akan terus berkembang dan tidak hanya terbatas pada pengguna computer
karena saat ini media online dapat diakses melalu media handphone yang memiliki
fasilitas internet.
8.
Media
online merupakan whole package karena selain berupa teks, juga berupa animasi
terutama pada iklan video, gambar dan audio.
9.
Para
pengguna media online dapat saling berinteraksi satu dengan lainnya dengan cara
memberikan komentar satu dengan yang lainnya.
Kekurangan
Media Virtual (online)
1.
Tidak
selalu tepat, karena mengutamakan kecepatan berita yang dimuat di media online
biasanya tidak seakurat media lainnya.
2.
Untuk
mengakses internet membutuhkan biaya yang besar.
3.
Kurang
praktis untuk mengakses media online karena harus selalu terhubung dengan
internet.
4.
Tidak
semua masyarakat dapat mempergunakan teknologi internet (contoh: masyarakat
bawah)
5.
Bila
terlalu lama membaca media online dapat membuat mata menjadi lelah dan dapat
mengalami gangguan mata.
Kelebihan
Media luar Ruang (baliho, poster, spanduk etc)
1.
Dapat dengan mudah menarik perhatian orang jika
dibuat dengan baik
2.
Berita yang dimuat biasanya lebih mudah dipahami,
pembaca akan cepat mengetahui tujuan berita tersebut
Kekurangan
Media Luar Ruang
1.
Memerlukan dana produksi yang lumayan tinggi dalam
pembuatan.
2.
Pembaca bisa saja tidak membaca berita yang dimuat
dikarenakan kesibukannya.
3.
Jika pembaca kurang mengetahui informasi berita yang
dimuat, maka akan tidak ada tempat bertanya langsung.
4.
Jenis bahan jika tidak bagus akan mudah rusak
terkena hujan ataupun panas.
3 komentar:
mantap artikelnya gan.
www.kiostiket.com
cantumkan sumbernya
Rujukannya mana gan?
Posting Komentar